takpenting

coretan Takpenting

2 Hasil Imbang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2011

Posted by takpenting pada Januari 30, 2009

kali ini aku mau ngebahas olahraga dulu yeee…khususnya sepakbola.

timnas PSSI

do you know?

hasil 2 laga pertama timnas di kualifikasi Piala Asia 2011:

#19 januari 2009 di Muscat, timnas berhasil menahan imbang Oman 0-0 yang baru aja jadi Juara Piala Teluk. Wow, lumayan hebat timnas bisa dapet 1 poin dari kandang lawan. Hasil yang udah memenuhi target. Pada 2×45 menit pertandingan itu timnas digempur abis-abisan. N’ beruntung gawang timnas gak kebobolan. So, aku menyimpulkan faktor-faktor hasil imbang 0-0 ini.:

1. Gemilangnya penampilan kiper Markus, kiper berkepala plontos ini emang jagonya bola-bola atas, walaupun kadang-kadang tangkapannya kurang ‘lengket’ dan penampilannya bikin deg-degan.

2. Penyelesaian akhir Oman yang buruk.

3. Oman larut dalam euforia setelah baru aja menjadi juara di Piala Teluk

4. Pemain Oman kelelahan, karna beda final Piala Teluk dan pertandingan ini sangat mepet.

5. Strategi pelatih Indonesia Benny Dollo lumayan mantap. Mengubah formasi 4-4-2 menjadi 4-3-3 atau 4-5-1 dengan 2 jangkar yaiti Ponaryo Astaman dan Hariono serta 2 penyerang sayap Boas Solossa dan Budi Sudarsono.

6. 4 bek timnas lumayan sigap menghalau serangan.

7. Penampilan jangkar asal klub ‘Maung Bandung’ Persib Hariono garang euy..walaupun badannya kecil banget tapi soal nyali dan semangat gak usah ditanya deh. Gede bangettt… Dia berani bertarung melawan pemain-pemain Oman yang gede-gede secara postur. Salut buat Hariono.

8. Dewi fortuna belum menaungi Oman yang nyerang abis-abisan timnas.

Nonton pertandingan ini juga bikin emosi loh..salah satu pemain Oman ngeludahin pemain kita Isnan Ali. Buset dah, bikin gregetan tu orang Oman. (hampir aja remote di tangan mau ku lempar ke tipi,hehehe…sayang tipinya ^^ )

#28 januari 2009 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Timnas ditahan imbang tamunya Australia lagi-lagi dengan skor 0-0. Tapi menurutku sih hasil imbang 0-0 udah bagus banget mengingat lawan timnas adalah Australia yang punya prestasi mendunia, langganan Piala Dunia pula. Walaupun pemain-pemainnya yang maen di liga-liga Eropa gak ikut, tapi kualitas tim lapis dua Australia bagus banget. Pada pertandingan ini Benny Dollo membangkucadangkan striker andalan timnas Bambang Pamungkas, digantikan oleh Talaohu Abdul Musafri (pemain Persiba Balikpapan). Menurutku sih keputusan Bendol(Benny Dollo) ini tepat banget. Karna Musafri punya kecepatan dan rajin bergerak. Terbukti pada babak pertama dia mendapat peluang emas, sayangnya tendangannya masih melebar. Berikut line up timnas :

Markus Harison – Charis Yulianto – Maman Abdurrahman – Ricardo Salampessy – Isnan Ali – Ponaryo Astaman – Hariono – Firman Utina – Boas Solossa – Budi Sudarsono – TA.Musafri.

Pada babak pertama Australia lebih banyak menekan timnas. Namun begitu timnas sempat mendapat peluang lewat aksi Musafri serta shooting dari luar penalti Firman Utina. Pada akhir babak pertama timnas sempat bikin kocar-kacir pertahanan Australia dengan bola-bola pendek. Pada babak kedua, permainan Indonesia lebih berkembang. Timnas banyak mendapat peluang. 2 kali tangkapan kiper Markus sempat lepas, n’ tentunya bikin jantung deg-degan,hehehe…pada babak kedua ini Bendol melakukan pergantian pemain seperti (Boas digantikan Bambang Pamungkas) (Budi digantikan Erol) (Musafri dengan Ellie Aiboy). So, aku menyimpulkan faktor-faktor hasil imbang 0-0 ini :

  1. Penyelesaian akhir Indonesia maupun Australia buruk. Terutama Aussie, karna mereka yang punya lebih banyak peluang.

  2. Playmaker Indonesia, Firman Utina belum on fire. Mungkin karna dijaga ketat pemain Aussie.

  3. Penampilan kiper Markus lagi-lagi cukup oke, walaupun tangkapannya masih sering kurang lengket.

  4. Hariono, ini dia pemain kunci Indonesia yang bikin pemain Aussie yang mau membangun serangan gak leluasa gara-gara gangguan dari pemain ini.

  5. Australia tidak mengikutkan para pemainnya yang berlaga di liga-liga Eropa. Tentunya pertandingan akan lebih menarik kalau mereka ikut main.

  6. 4 bek timnas bermain cukup lugas juga, gak kompromi dengan lawan, walaupun masih ada kesalahan-kesalahan yang gak perlu.

  7. Dewi fortuna belum menaungi Australia yang lebih banyak mendapat peluang.

Menurutku yang pantas jadi man of the match yaitu lagi-lagi pada Hariono. Surprise sama penampilan pemain yang satu ini. Gak ada capeknya, semangat 45, berani sradak-sruduk,hehehehe…

Dari dua pertandingan kemaren aku rasa masih banyak banget tugas berat pelatih Benny Dollo dan strategi yang aku kira cocok. Yaitu :

  1. Perlu mencari striker yang lebih garang dan haus gol. Bambang Pamungkas buruk dalam kecepatan dan cenderung ‘malas’ mencari bola. Sedangkan Musafri buruk dalam penyelesaian akhir serta masih harus diberi kesempatan bermain lebih banyak.

  2. Pengganti Firman Utina. Bendol belum memiliki pengganti Firman. Dan aku rasa yang paling tepat melapis Firman adalah pemain Persib Eka Ramdani yang tak lagi dipanggil Bendol.

  3. Timnas harus dapat memanfaatkan Boas dan Budi yang memiliki kecepatan serta skill individu yang oke.

  4. Timnas lebih sering memainkan bola-bola pendek karena cara ini lebih efektif dibandingkan bola-bola panjang serta bola-bola lambung karna tidak cocok untuk menghadapi tim dengan pemain-pemain yang memiliki postur tinggi besar

  5. Passing pemain timnas perlu diperbaiki. Karna masih banyak salah umpan dan kesalahan lainnya.

  6. Strategi counter attack perlu diperbaiki lagi

  7. Pressing ketat kepada setiap pemain lawan

  8. N’ pastinya pemain harus lebih fight, semangat, percaya diri serta dapat mengendalikan emosi.

Kita doakan aja agar prestasi timnas Indonesia makin meningkat.

Ada yang mau komentar?

5 Tanggapan to “2 Hasil Imbang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2011”

  1. Sadli.ar said

    go…go..indonesia…make the real player…….

  2. Belum cukup kuat buat mengubah nasib Timnas kita untuk berubah dari Tim gurem menjadi tim elite di Asia.Tapi Salut buat perjuangan Timnas, tahun2 berikutnya pasti semoga bisa lebih berprestasi. Amin.

  3. ferdyan said

    saya sarankan
    bagaimana kalau panggil pemain naturalisasi yang bermain di club-club Belanda saat ini
    dan saya yakin pasti Indonesia lolos kualifikasi piala dunia 2014 di Brasil

  4. Anonim said

    Maku terus indonesia!!!!

  5. Anonim said

    Maju terus indonesia!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: