takpenting

coretan Takpenting

Tanaman Beracun di Kota Bandung

Posted by takpenting pada Januari 31, 2009

Beberapa minggu terakhir ini warga kota Bandung diresahkan oleh ditemukannya tanaman beracun yang tersebar di sekitar daerah Dago.
Bunga yang kemudian diketahui bernama mentega ini sudah akrab di mata warga kota Bandung. Warnanya yang mencolok berwarna merah dan berdaun lancip. Bunga mentega atau dengan nama latin Neruim Oleander ini sangat berbahaya. Bahkan tanaman ini dapat mengakibatkan kelumpuhan atau lebih buruk lagi yaitu kematian.
Tanaman beracun lainnya seperti pohon saga, pohon bintaro, pohon mindi (azadirachta indica), serta alamanda cathantica. Guru besar biologi ITB menyatakan tanaman mentega mengandung zat oleandrin yang membuat orang bernapas lebih cepat, detak jantung meningkat, iritasi, bahkan kematian. Pada biji pohon saga terdapat zat abrin yang dapat menyebabkan sakit perut, diare, mual, muntah, kelainan usus. Zat-zat seperti di atas berbahaya apabila dikonsumsi ataupun bila mengenai luka di tubuh manusia.
Wow,sangat menarik yahhh..Aku sich berharap instansi yang terkait di kota Bandung cepat tanggap dalam menangani masalah ini. Agar ke depannya tidak jatuh korban.

Ada yang mau komentar?

9 Tanggapan to “Tanaman Beracun di Kota Bandung”

  1. airachma said

    ih,,,koq bisa sih
    baru ditemukan ni tanaman?

    tapi apa udah diteliti dengan baik, apakah ini memang benar penyebab kematian-kematian orang-orang?

    salam kenal yap,
    dari rachma

    balasan dari blog.ku
    Yip yip harus ikhlas, aku kuliah di brawijaya, baca deh profil ku di http://airachma.wordpress.com/about-the-writer/
    salam kenal ya…

    ok-ok…. ni mau ke blogmu ko,,, hehe

  2. yus said

    Mohon diteliti lebih lanjut bagi para ahli, barangkali ada manfatnya selain ke-beracunan-nya

  3. takpenting said

    Iya bro,
    kabarnya saat ini sedang diteliti dinas terkait serta para ahli dari IPB kalo gak salah.

  4. bud said

    dari jaman sy kuliah dulu udh dikasih tau ttg tanaman hias beracun kok, memang ga bikin kematian, tapi utk anak kecil brkl lbh bahaya. dieffenbahia, anthurium juga beracun.

  5. takpenting said

    @bud
    Makasih atas informasinya,sangat bermanfaat.

  6. Pohon saga beracun jg yah?bukan’y daun’y itu berguna untuk obat??

  7. Deddy saputra said

    Tanaman saga beneran bracun y..??pdahal d smk kehutanan pku tanaman ini sering kami main2 kan..tolong d tliti lge lbh bener ok..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: