takpenting

coretan Takpenting

Facebook Diharamkan?

Posted by takpenting pada Mei 22, 2009

Hari ini saya dikejutkan dengan berita terkait usulan beberapa ulama di Jawa Timur ke MUI agar mengeluarkan fatwa HARAM menggunakan situs jejaring sosial Facebook.

berikut saya kutip dari tempointeraktif.com:

Juru bicara Pondok Pesantren Lirboyo Nabil Haroen mengatakan pembahasan facebook dalam forum ini memiliki alasan yang kuat. Interaksi dunia maya ini dinilai menjadi salah satu pemicu hubungan negatif dengan lawan jenis. Sebab semua materi percakapan tersebut nyaris tak terkontrol dan berlangsung bebas. “Beberapa anak muda menggunakannya untuk mojok dan berbicara maksiat,” kata Nabil.

Buset dah..Saya saya tidak setuju dengan pendapat dari jubir ponpes tersebut. Kenapa? karena saya kira facebook mempunyai banyak manfaat daripada kerugiannya. Seringkali kita bisa berkomunikasi kembali dengan teman lama kita, menjalin silaturahmi, dll. Facebook juga bisa menjadi tempat dakwah, saling berbagi ilmu, dan membentuk komunitas-komunitas yang positif.Apa itu salah?

Di sini tergantung kita sendiri dalam memanfaatkan facebook untuk kepentingan yang baik ataukah untuk kepentingan yang buruk. Semua itu kembali ke diri kita masing-masing. Saya kira para pengguna facebook juga lebih banyak menggunakan situs jejaring sosial ini untuk kepentingan yang positif.

Selain itu, saya juga bertanya-tanya kenapa cuma facebook yang dipermasalahkan? Toh masih banyak jejaring sosial yang lain di luar sana. Lagian, menurut saya facebook sangat menghargai privasi kita dan facebook sangat menjaga keamanan pengguna. Misalnya saja bila kita memasang foto yang dinilai sedikit vulgar, facebook seringkali menghapus foto tersebut.

Saya rasa MUI tidak usah mempersoalkan masalah facebook ini. Lebih baik MUI mengurusi tentang SMS-SMS Premium yang berhubungan dengan misteri dan seks.

Saya sangat berharap MUI tidak gegabah dalam setiap kali mau mengeluarkan fatwa haram, termasuk tentang facebook ini. MUI harus meninjau aspek positif dari facebook itu sendiri. Setuju?

saya disini hanya menyampaikan uneg-uneg saya. saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan pihak manapun.

Peace!!!

silakan berkomentar!

(bagi yg berkomentar gunakan bahasa yg sopan yach..:) dan jangan menjelek-jelekkan pihak-pihak tertentu)

UPDATE:

Tulisan ini sengaja saya ganti judulnya agar tidak ada kesalahpahaman. ok ok?

perkembangan terbaru liat disini

<a href="http://takpenting.wordpress.com/2009/05/24/mui-tidak-jadi-mengeluarkan-fatwa-haram-facebook/”>https://takpenting.wordpress.com/2009/05/24/mui-tidak-jadi-mengeluarkan-fatwa-haram-facebook/

235 Tanggapan to “Facebook Diharamkan?”

  1. bee said

    siip dah. ap hak mereka nge-cap facebook haram?! kan gg ad tuh dlm al-qur’an kalo make facebook itu haram, gg ad jg tuh hadis ato dalil2 dan semacamnya ttg larangan facebook.
    mo d basmi kah mui ini?! *peace :D*

    • takpenting said

      semoga aja mereka gak berlaku seperti Tuhan, karna mereka emang bukan Tuhan,hehe..

      • elhakeem88 said

        He bro jgn bcra “ktnggian” ky gt. Jgn bw2 nm Tuhan brsnding dg mnusia. Mreka cm mnjlnkn Syari’at agama. Walo q FB-ers sjti q bs trima ftwa Ulama’ kq. Salam Knal. elhakeem 88.wordpress.com

      • abdul MUIS said

        M-U-I

        MUI-MUI gimana sich loeh….payah loe
        zaman dah maju…berpikirlah secara realitis dengan secara rasional…innama aklamu bin niat

      • zHa said

        iy bro sry2 aj nih… jgn kya gitu ngomongnya klo emang g tw aturan dlam agama islam… and uruslah urusanmu jgn skali2 nyampurin hal2 yg bukan jadi masalahmu key… pis bro

    • Anonim said

      tidak smua yang haram di bicarakan dlm Al-quran,pekerjaan yang sia2

      • Bagus Anandityo said

        Yang tidak disebutkan berarti tidak haram dong. Kan ajaran Islam sendiri jelas. Yang haram itu bla..bla..bla (disebut jelas). Tidak ada area abu-abu.

    • Anonim said

      anda tahu tentang sejarah facebook, thedodorherz

    • jablay said

      Kasihan banget sih…. MUI
      Orang udah kemana… MUI kemana…
      Orang udah ke bulan… MUI cuma ngoceh bisanya…
      Benerin dulu tuh MUI… baru benerin orang lain….
      Kasihan…..

    • Anonim said

      Betul…MUI sekarang harus lebih bisa menerima kemajuan teknologi….dari pada ngurusin Facebook lebih baik ngurusin rumah portitusi yang meraja rela….itu sudah jelas haram dan penuh maksiat…MUI tidak mampu menindak tegas hal itu…sekarang kita harus berpikir secara rasional…bukan irasional….ketua MUI kali belum tau cara menggunakan facebook…ha…ha…

    • Betul…MUI sekarang harus lebih bisa menerima kemajuan teknologi….dari pada ngurusin Facebook lebih baik ngurusin rumah portitusi yang meraja rela….itu sudah jelas haram dan penuh maksiat…MUI tidak mampu menindak tegas hal itu…sekarang kita harus berpikir secara rasional…bukan irasional….ketua MUI kali belum tau cara menggunakan facebook…ha…ha…

    • aku bukan Tuhan said

      basmi aj…
      heheeh…

    • MUI bisa mengharamkan n menghalalkan. tapi gak punya senjata atau pengaman alias polisi MUI. masalah facebook ini, menurut gue, tinggal pemakainya. facebook adalah sarana atau fasilitas. orang bisa memanfaatkan fb untuk kebaikan atau kejahatan. jangan salahkan fb, tapi salahkan pemakainya yang berbuat jahat. FB bisa dijadikan sarana untuk jual beli, contohnya saya, FB saya diblokir sama FB (hehehe, karena kebanyakan iklan di fb, dibilangnya spam sama dia). bisa juga digunakan untuk silaturahmi, dakwah, dll. kalo ada yang gunakan untuk maksiat, tentu itu yang harus ditindak. bukan facebooknya yang ditindak. ibarat islam. ada orang islam nyuri, lha terus yang disalahkan islamnya?yo bukan! yang orangnya yang melakukan.

  2. Nuwun sewu mas tata said

    Iya…
    Dari pada ngurusi facebook lebih baik ngurusi sms2 premium, sms2 pertamax, ato sms2 solar
    Ya gak…

  3. idoens said

    Wah FACEBOOK VS MUI ki,.. wakakakaka

    http://www.eatmeforlunch.blogspot.com

  4. orang cirebon. said

    Assalamualaikum wr.wb
    saya sediri sebagai muslim, memang di pikir-pikir FB itu terlalu bebas bergaul sesama lawan jenis,apalagi mereka tidak malu,dan terbuka di depan umum mengucapakan kata2 yang ga pantas seharusnya di katakan di depan umum,masalah cinta,dan kehidupan sehari-hari, dan sebagi muslim apa salahnya menasehati kebaikan untuk dirinya dan untuk saudaranya yang muslim,
    Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pun telah bersabda:
    “Barangsiapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran, maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, jika tidak bisa maka dengan lisannya, dan jika tidak bisa juga maka dengan hatinya, itulah selemah-lemahnya iman.”Riwayat muslim.

    Di antara petunjuk itu adalah menyuruh manusia berbuat baik dan mencegah kemungkaran sesuai kesanggupan. Jika meninggalkan amar ma’ruf nahi mungkar tidak disebut telah berpetunjuk, karena jika telah tampak kemungkaran pada suatu kaum lalu ia tidak berusaha merubahnya, maka dikhawatirkan Allah akan menimpakan siksaan secara umum yang menimpa semua orang (yang baik dan yang buruk).

    wassalam

    • takpenting said

      terimakasih tambahannya..🙂

    • Zeed said

      Sy setuju dg Mas Cirebon… dan itu betul ngga salah… harusnya tujuannya ke situ, tp bukan membuat haram facebook… itu terlalu arogan……..

    • Dadan said

      Maaf ya saya mau ikut berkomentar..
      Wah kalau face book, jujur saya sering buka (malah kadang lupa waktu .. he..he..), hmm tapi kalau face book di haramkan saya kok ngerasa kurang setuju yah..

      Soalnya nggak semua orang ngegunain face book buat hal negatif kok , malahan ada juga sebagian temen saya yang nge buat grup untuk membagi – bagikan tausyiah di sana..

      Terus kalau menurut saya, baik tidak nya penggunaan face book itu ya tergantung orang yang nge-guna-in nya, soalnya si face book itu cuma sekedar media aja, facebook itu benda mati, nggak hidup, gak punya kehendak …. Ya kalo mau di perbaiki harusnya yang diperbaikinya itu ahlak dari penggunanya, bukan facebooknya yang diharamkan

      Mungkin sama kaya senapan kali yah, kalau di tangan penjahat kan senapan itu bisa di pakai buat ngebunuh orang, tapi kalau di tangan polisi, senapan itu fungsinya bisa lain lagi tentunya ..,
      dan meskipun si senapan bisa ngebunuh orang, bukan berarti senapan itu harus diharamkan penggunaannya bukan ?

      • tekafc said

        SETUJU BANGET..
        yang jelas semua itu tergantung manusianya yang mengunakan.

        ranting yang kecil pun kalau di gunakan untuk membunuh pasti bisa..

      • unknown said

        saya sangat setuju.
        facebook tidak layak dihramkan.
        hram atau tdakny kan trgntung dri msing” individu.

      • aku bukan Tuhan said

        good idea..
        ni baru bner!!!!

        hai, orang cirebon, kamu kyknya terlalu lebay deh..

        harusny yg km nasihati tuh :
        amrozy cs beserta pndukungny…

      • engeldvh said

        Setubuh….eh, maksudnya setuju bro……ngapain si orang cirebon ngemeng kayak gitu. Pake mengancam bahwa Allah akan menimpakan siksa secara menyeluruh. Jiah……emang Allah pendendam gitu apa??? Wasalam…..:-)
        http://engeldvh.wordpress.com

    • aku bukan Tuhan said

      maaf ya sblumny..
      saya rasa nasihat anda tdk cocok untuk pengguna fb..

      harusny, anda berikan itu pd pendukung amrozy cs..

      terimakasih.

    • ZONA_Peace said

      Seharusnya Facebook,menjadi lahan dakwah yang subur!karena bisa menyentuh semua orang di permukaan bumi ini.Bukan malah Haram!!!….Wali sanga berdakwah lewat Gamelan dan seni tradisional,mengapa?coz saat itu gamelan dan seni tradisional sangat di sukai, n tentu saja koz facebook lom ada!!!heheheee

    • Anonim said

      indonesia hanya mampu buat kontroversi yang ng ada guna nya sama sekali, buat para ulama,santri, apakah sudah tau bener definisi dari kata2 haram ?????? kita sesama muslim pasti tau bahwa islam yang tertuang dalam kitab suci mengatakan, wahai manusia berfikirlah kalian dengan menggunakan logika mu,. rokok diharamkan, jengkol ng, facebook diharamkan, friendster ng, apa beda nya dengan ke2 contoh tsb????? apakah Facebook menduduki rating ke 3 teratas situs terbanyak yang dikunju ngi

    • kinoy said

      Menurut saya,sebenarnya yang di khawatirkan dari penggunaan situs jejering sosial (facebook) ini adalah Sebuah Peradaban baru yang menggerus Budaya,
      kita semua sebagai umat islam tentu tau apa itu MUI,MUI adalah majelis ulama indonesia.. perkumpulan ulama2 pemerhati agama islam seperti budaya,syariat,aqidah dll,dalam fatwanya tentunya MUI ga sembarangan melalui pertimbangan yang matang sesuai tuntunan agama islam,jadi fatwa mui tentu saja ya buat orang islam.. jadi yang di takutkan kita semua adalah ketika budaya islam yang begita sakralnya di kotori oleh peradaban baru yang menyita perhatian dan waktu orang muslim di banding beribadah atau dalam rangka habluminallah,akan sangat rusak ketika seorang muslim lebih asik bermain2 facebook/internetan ketika berbarengan dengan waktunya sholat fardhu,jadi.. jangan sampai meluangkan waktu untuk bermain2 facebook membudaya bagi umat muslim.. itulah yang harus di takutkan oleh kita sebagai umat islam untuk keberlangsungan agama kita karna jangan sampai anak cucu kita menjadi kafir… artikel yang bagus,semoga manfaat.
      wassalam

  5. aya aya wae' said

    Semua teknologi canggih yang masuk ke Indonesia termasuk Internet, dampak positif negatif adala tergantung pengguna nya sendiri.

    jika Facebook maupun situs pertemanan lainnya di haram kan, sangat disesalkan, karena akan terlihat sebuah pendapat yang berkesan memaksakan kehendak dengan alasan demi agama.

    bagi Golongan Pesantren maupun MUI, saya akan lebih setuju jika saudara sekalian meng-HARAM-kan KORUPTOR di Negeri ini.
    sebab jika kita belajar Halal maupun tidak Halal, KORUPTOR dan keluarganya makan uang curian yang bukan hak nya = DOSA = TIDAK HALAL = HARAM.
    dan masalah KORUPTOR ini sudah berakar, seharus nya FATWA HARAM untuk KORUPTOR sudah ada sejak lama…. tapi koq malah ngurusin Facebook ya?? padahal dampak positif maupun negatif Facebook itu akan pada diri si pengguna masing2, sedangkan dampak KORUPSI sangat lah keji dan merugikan masyarakat banyak dan negara.

  6. HARIS said

    ARTIKEL YANG SANGAT BAGUS!

    FATWA ITU PADA DASARNYA HANYA PENDAPAT PARA ULAMA. BOLEH DIIKUTI ATAU DITINGGALKAN.

    KECUALI ULAMA TERSEBUT SUDAH MENCAPAI DERAJAD MUJTAHID, BARU KITA WAJIB MENGIKUTINYA.

    ITUPUN JIKA ULAMA TERSEBUT DERAJAD MUJTAHIDNYA ADALAH MUJTAHID MUTLAK DAN KITA MEMANG MENGIKUTINYA KARENA TAHU ALASANNYA.

    FACEBOOK HARAM? JIKA YANG MENGEMUKAKANNYA SUDAH MENCAPAI DERAJAD MUJTAHID MUTLAK DAN SUKSES MEYAKINKAN SAYA. SAYA AKAN MENUTUP FACEBOOK SAYA.

    • takpenting said

      terimakasih..:)
      setuju!

      • Namuusatta said

        MUI tidak mengharamkan facebook brow…katanya “Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya. Sebaliknya bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam kejahatan, hukum Islam pun tak membolehkan”

  7. Anonim said

    http://www.detikinet.com/read/2009/05/22/115232/1135502/398/facebook-an-berlebihan-diharamkan-ponpes-se-jawa-madura

  8. sahal said

    Ditegaskan oleh Nabil, hukum haram yang dikeluarkan pihaknya hanya untuk penggunaan Facebook untuk hubungan pertemanan spesial yang berlebihan. Layanan jejaring sosial semacam Friendster dan Facebook tetap dinyatakan halal apabila dipergunakan sesuai dengan manfaat dan kegunaannya.
    selengkapnya..
    http://www.detikinet.com/read/2009/05/22/115232/1135502/398/facebook-an-berlebihan-diharamkan-ponpes-se-jawa-madura

    • takpenting said

      semoga saja semua pengguna facebook menggunakan facebook dengan sewajarnya dan untuk hal2 positif.
      terimakasih link nya

  9. M. Iqbal said

    Kalo MUI keluarkan Facebook haram sbg fatwa, itu tradisi yang biasa.
    Facebook itu teknologi. Seperti senjata api dan belati juga teknologi.
    Semua tergantung orangnya, cara dan habit serta tujuannya.
    Belati misalnya, jika dipakai membunuh bahkan dgn mutilasi, bukan belatinya yg diharamkan, bukan?
    Sekiranya istilah Facebook diganti dgn Fastabiqul Khoirot, mungkin niscaya malah jadi Fardhu ‘Ain ya?? hehehe….

  10. ikutan ya mas said

    akhir2 ini qt seperti punya tuhan baru bernama MUI
    kebijakan2 ato fatwa2 yg dibuat cm bikin orang2 gag respek lg sama MUI
    fatwa haram rokok misalnya,nanggung banget,yg diharamkan cm beberapa golongan aja,kalo haram ya haram kalo halal ya halal,harus jelas,tar jangan2 ada babi disunat jadi halal lg (hahaha,kiding bro)
    trus fatwa haram golput,golput itu kan pilihan,seorang muslim wajib untuk memilih pimpinan yg baik,tp gimana kalo gag ada yg baik??kalo yg qt pilih ternyata kedepannya terjerat berbagai hal negatif,jd yg milih ikutan dosa dunx,jd mending gag usah milih kan??
    yg sekarang ini lebih gag ada kerjaan lagi,facebook diharamin??haduh,entah apa lagi besok,,
    sory bro,numpang ngluarin uneg2 aja ini,sapa tau bisa sharing qt..

    • takpenting said

      oke makasih..sering mampir kesini aja.
      mudah2an MUI kinerjanya dapat lebih baik lagi. lagian MUI belum menetapkan kalo facebook haram koq..

    • Namuusatta said

      MUI tidak mengharamkan facebook brow…katanya “Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya. Sebaliknya bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam kejahatan, hukum Islam pun tak membolehkan”

  11. kita coba untuk tidak saling menyalahkan ya…
    saya yakin para ulama itu memikirkan kepentingan umat, termasuk kita.
    lha kita sebagai pengguna dunia ini (internet) tentu merasa keberatan. tapi marilah coba untuk jangan langsung men-judge para ulama itu bloon. saya kurang setuju bila ada yang berpendapat demikian.
    salam.

  12. konyolis said

    sekalian ja pasar malem, pasar tiban, pasar senen-kemis, pasar kebo, pasaran ( bulan ramadan),,,,juga diharamin…….
    lha disitu kan ada yang jual BF,,maksiat,,,memperlihatkan aurat….ikhtilath lagi………

    nggih nopo kyai………..

  13. 3412 said

    Memangnya kalo facebook diharamkan oleh MUI kalian mau ninggalin Facebook? nggak juga to? lha kenapa pada ribut?
    mari kita tempatkan ulama sebagai orang yang lebih mengerti ttg hukum2 agama, dan, mereka “sedikit” tau mengenai isi dari facebook dan friendster. Isi yang mereka tangkap ada beberapa yang menyalahi hukum agama. Pertama tidaklah boleh berhubungan langsung dengan lawan jenis tanpa ada orang ke tiga/muhrim, ini di langgar saat kita ber-facebook, chatting, SmS, dan Friendster (message).

    nah, kalo sudah lihat penyimpangan ini, ulama memang sudah benar memberikan fatwa bahwa hal-hal tersebut haram. Tentang fatwa itu akan diikuti atau tidak oleh saudara-saudara, ya itu terserah saudara-saudara. Itu urusan saudara-saudara dengan Allah SWT. kan begitu.

  14. ikutan ya mas said

    ya apapun yg terjadinya,yg jelas tuhan saya hanyalah ALLAH SWT,bukan MUI atau ulama2 yg lain,.,.
    kalo memang masih mau mengeluarkan fatwa2 konyol selanjutnya ya monggo,tp karena aq bukan pengikutnya ya masa bodoh,.,.
    aku akan lebih respek seandainya fatwa haram itu bersifat mutlak,sehingga jelas mana yg halal dan mana yg haram tanpa mengkotak2an golongan atau apapun,.,.
    soalnya saya koq ngrasanya hukum agama cuma jadi permainan disini,itu yang membuat saya kehilangan respek sama mereka,.,.
    paling nggak itu pendapat saya sebagai orang awam,yg mungkin diluar sana banyak saudara2 kita yang berpendapat sama dengan saya,.,.

  15. po3 said

    ah.., ada2 saja…

    sbenarnya itu pndpat siapa… MUInya atau cma sikap sensi pribadi ulama di Jawa Timur…?

    klo dia bilang begitu knapa enggak minta sekalian depkominfo tutup smua jaringan telekomunikasi… dr yg mikro sampai makro..

    biar Indonesia kembali kejaman batu…

    oh, saya ad usul..
    gmna klo biar daerah Pesantren Lirboyo saja yg diharamkan semua teknologi masuk kesana.. (biar di isolasi sekalian)

    dasar.., mau sok2an bicara teknologi..
    pdhal bru sja tau komputer itu sperti ap…
    (kok, sok keminter…)

    aneh..,
    lg2 aq ragu untuk jd org waras..
    krna mreka yg waras jstru lbih suka trlihat gila…

    entahlah…, lg2 aq tk yakin dg jwbanku sendiri..

  16. dadang said

    Mungkin yang bikin fatwa itu mau buat Fecebook nggak bisa… Ajarin dong… biar nggak jadi haram

  17. Anonim said

    saya berharap, MUI juga punya jaringan semacam FB…biar nyaingin FB,,,dikemas semenarik mungkin, dipublikasikan seheboh mungkin sehingga menarik minat banyak orang bwt mengunjungi situs tsb…sekalian dakwah kan…
    Anggap aja persaingan mempertahankan norma n jalan yang benar

  18. namakujuna said

    Wohow.,.,Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    Hidup Facebook.,.,,
    cukup.,.,.,

  19. pitaxxx said

    ah..MUI main haramkan mulu…
    lama2 hidup duduk depan kompi juga haram…kacau dah
    sebaiknya kita tanya pada hati nurani kita sendiri…untuk apa sech FB itu
    kan trgntung individu yg menggunakan…
    salam kenal ^^

  20. Mari kita menyikapi tehnologi dengan bijaksana…. apapun itu pasti ada positif dan negatifnya

  21. drmurid said

    Hai dunia tambah runyam, yg ngak ahlinya sok ngurus IT. Internet segala hal dapat kita peroleh dari yg halal hingga haram ada, tinggal kita aja yg nyaring. Eh ini sekali MUI bikin fatwa mengejutkan lagi, tapi lebìh tepat saya kira di tujukan bagi para santrinya

  22. BOY said

    Salam kenal
    Fatwa yang akan dibahas/dikeluarkan MUI tentang haram atau tidak dari facebook adalah hal yang wajar dan harus ditanggapi dengan sehat. MUI mungkin melihat adanya ketidak jujuran pemanfaat fb sebagai ajang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, pacaran, gosip2, fitnah, dan lain-lain yang berdampak buruk kepada umat Islam karena akan terjadi perpecahan. Misalnya poling “no mega” yang menyebabkan perpecahan bangsa atau sejuta dukung SBY, dll.
    Jika kita menggunakan fb sebagai ajang silaturrahmi, dakwah, politik sehat dll yg sifatnya membangun rasanya tidak mungkin MUI akan mengkajinya.
    wallahuaklam

  23. BOY said

    Tukerin link mas?

  24. ah parah, masa kita nge-pesbuk aja haram? aneh nih MUI… gak pernah buka pesbuk kali ya?

    salam kenal. salam ganteng dari diazhandsome

  25. noctilucent said

    Bubarkan MUI !

  26. anne_chantique said

    Riskan agaknya mau negharamin face book, cuma gara – gara hal yang simple…masalahnya ulama mana, atau pihak mana yang rela habisin waktu untuk ngawasin berjuta2 orang di Indonesia ini yang pake facebook, biar ga melenceng ngegunaiinnya? Trus sapa yang mau sponsorinnya…masalahnya..kalo cuma ucapan doang mah ga akan ngaruh, kecuali di tanggulangi langsung..kan jadinya rancu..lagian lucu akh! mau haramin facebook,,mendingan mikirin yang laen..

    http://anemischi3.wordpress.com

  27. Saya punya FB >,<
    Harus dilepas ya FB saya?..Huhuhuhuhu
    Saya kan make FB bukan untuk hal yang jelek,,Hehehe^^

    ^^b NICE INFO!

  28. Janganlah memberi tuduhan yang tidak benar kalu ulama tidak paham teknologi lah, sains lah. Jangan juga seenaknya memaki dan membuat ulama seperti permainan seperti itu. Jangan juga mempertanyakan “kenapa tidak mengharamkan BF, blablabla”. Menurut saya ulama mengeluarkan wacana ini hanya untuk mengingatkan bahwa hal itu (berhubungan special, sangat dekat, pacaran dan mirip, serta gambar mojok sambil gak bener) adalah haram di agama ini. Tidak perlu mereka haramkan toh sudah haram. Bahkan film apa? BF? itu juga haram kan. Semua orang tahu, jadi gak mereka ingatkan dengan fatwa.
    Mau bentuknya pake teknologi, batu, sekarang terserah ente semua mau bagaimana. Pengguna teknologi lah sendiri yang harusnya melakukan regulasi dan sadar thd penggunaan teknologi itu sendiri. Toh fatwanya gak jadi kan.
    Tapi saya sadari bahwa ulama sekarang memang banyak membuat fatwa2 yang tidak perlu. Harusnya judulnya peringatan bukan fatwa. Begitu kira-kira.

    Fatwa ulama, benar pahala 2. Salah 1. Mau ikut atau tidak terserah, yang jelas berfatwa syaratnya sangatlah banyak.

  29. Zeed said

    wahhh rame niy… boleh dong sy berpendapat…
    sebuah Kendaraan (motor atau mobil misalnya)jika dikendarai oleh sopir yang ugal2an, jalanin sambil mabok, ngga punya SIM ya pasti berbahaya lah baik bagi si sopir maupun orang lain…
    Begitu pun dengan Facebook, Facebook itu diumpamakan kendaraannya dan kita adalah sopirnya… apa tujuan kita gabung dg facebook, dan bagaimana kita bisa mengendalikan laju facebook… kalo tidak dikontrol ya berbahaya juga lah….
    Diluar siapa yang membuatnya, yang jelas jejaring facebook telah membantu sy menemukan dan berkomunikasi dg teman kecil yang sekarang berkeliaran di seluruh Indonesia….
    Sy sendiri muslim, tp kalo melihat MUI akan mengeluarka fatwa ini… jujur saja, MUI terlalu arogan….

  30. adit said

    buset dah,,

    tergantung orang yg menggunakan pesbuk mah wahai bapak2 MUI

    anda adalah orang2 terpilih untuk menentukan fatwa agama..

    cobalah bertindak hati2..

    jgn sampai pernyataan anda menjadi bumerang bagi agama kita..

  31. kk said

    maaf ya sebelumnya,apa dasarnya MUI memfatwakan FACEBOOK itu haram?. Lagi pula, kalo hanya karena soal di facebook banyak di pake untuk maksiat, saya rasa tidak semua pengguna FACEBOOK itu menggunakannya untuk maksiat koq. Kebanyakan juga yang pake FACEBOOK itu untuk mencari teman baru. itu saja ‘n trim’s

  32. waduh…..jangan2 lama2 ngeblog juga diharamkan, kenapa sih ……??????

  33. bales nomer 24.

    gak jadi diharamin? bagus lah… jadi gak ragu nge-pesbuk. gak jadi bikin grup ‘halalkan facebook’ deh.. haha (khayalan tingkat tinggi)

  34. riadyawan said

    Sebenernya setuju… tp idem aja lah nanti malah salah komentar saya jadi salah beneran…

  35. […] 24 Mei 2009 pada 20:36 (rupa-rupa) Tags: agama, Islam, muslim Tentang MUI Keluarkan Fatwa Haram Facebook belakangan ini menjadi headline disetiap media, ternyata setelah telusur punya telusur kebenaran […]

  36. kyai yang kurang kerjaan saja, hingga berpendapat asal nguap saja.
    masa menjalin silaturahmi bersama sesama umat manusia di haramkan… jelas aneh kan????

    • takpenting said

      semoga aja udah gak ada yg aneh2 lagi

    • Coba diteliti dulu apa maksud para kyai itu, dan apa yang mereka haramkan. Silaturahimnya kah? Atau apanyakah? Mutlak atau sebagiankah?

      • ZONA_Peace said

        kalau semua di pandang dari sisi negatif,maka mungkin saja keberadaan manusia di dunia ini juga menjadi haram!!!Anda mau di haramkan????…..

        Saya selalu memandang pelacur sama seperti diri saya,sama seperti anda,karena yang saya pandang adalah manusianya bukan pelacurnya,apa yang anda pandang dari seorang pelacur??????

        begitu juga dengan facebook,saya menyukai facebook karena nilai positifnya!!!!!!!!

  37. Sepertinya berita ini harus diperjelas, yang mengharamkan ini kan kalo masuk ke kategori tertentu, misalnya penggunaan FB untuk tujuan pornograpi dll. bukan mengharamkan secara mutlak !
    http://www.balicarrentvacation.com
    http://www.rentalmobilbali.com
    http://www.valuesoftonline.com
    http://www.komodotheedge.com

    • takpenting said

      trimakasih kritiknya

    • Betul-betul. Sebelum menanggapi sesuatu sebaiknya kita mengklarifikasi apa saja yang berkaitan dengan info tersebut (ntar kasus kyk tehbotol lagi). Jangan langsung senewen dan menjelekkan ulama gak ada kerjaan, gak punya facebook, dll.
      Kan dah banyak yang bilang kalo yang ‘rencana’ diharamkan itu cuma kegiatan khusus di fesbuk seperti berkhalwat, gambar aneh, dan sejenisnya yang pada akarnya emang sudah haram. Toh itupun gak jadi kan. Tapi tetep aja haram sama agama, walau gak keluar fatwa MUI.
      Bersyukurlah pengguna facebook yang baik dan memanfaatkan u/ silaturahim.

  38. rizky jubelz said

    kyai bnyk cag macag….
    coba dya sendiri nyobain FB….
    pasti ktagihan…

    muaakkakaak*😀

  39. ivanadhena said

    Ponpes se-jawa mengeluarkan FATWA?
    Fatwanya cuma mengharamkan hal-hal yang negatif dari facebook. Pada dasarnya kita juga tau bahwa hal yang negatif sudah pasti dilarang oleh agama tidak perlu yg namanya fatwa segala. santai aja cuy.

  40. @dee said

    Facebook ibarat uang,
    mau buat mbayar pelacur bisa,
    mau buat beli Alquran bisa,
    mau buat nyogok kyai bisa,
    mau buat naik haji bisa…

    MUI = Majelis Ulama IDIOT

  41. HK said

    Wah,… Yang ngomong Haram kan bukan MUI kenapa disini yang jadi kena batunya MUI????
    Bingung deh,… (Mudah2an disini tidak ada unsur kesengajaan untuk menjatuhkan MUI).

    Setelah saya baca tadi harusnya yang haram bukan Facebooknya,.. Tapi ngobrolin yang gak2nya, mubadzir waktunya dll,.. karena untuk ngelakuin itu gak perlu pake Facebook, cukup Hape saja sudah bisa,..

    dan menjalin silaturahmi pun wajib dalam Islam,. Coz Saya sendiri nemuin temen2 lama di FB ini.

    karena saya dengar kalo masalah roko,.. yang haram itu bukan rokoknya tapi merokoknya,… Beda dengan Babi yang langsung haram ke Babina tersebut.

    • takpenting said

      kan judulnya sengaja saya kasih tanda tanya
      ‘MUI Keluarkan Fatwa Haram Facebook?’
      jadi itu artinya MUI belum mengeluarkan fatwa haram tsb. masih dalam tanda tanya kita bersama. mohon dimengerti ya bro🙂
      saya jg gak ada maksud menjatuhkan MUI koq.
      ok ok🙂

  42. pisangkipas said

    Wah ya internet smua ya haram lah wong antara buka situs porno ma pengajian aja cuma dibatasi ma satu klikkan di mouse saja. ah sudahlah, saya yg di jatim ini gak pusing2 amat, urusan masing2 oranglah, lagian pemerintah adem ayem wae. Btw, nice artikel nih.

  43. manusia di ciptakan lemah,siapa jamin kita bersih dari pornografi,harus ada pencegahan,,pornografi sudah menyebar di internet.cegah generasi pornooo..

    • Freddy said

      Blh jg sich…
      tp kita ini manusia…
      kita bkn malaikat yang selalu benar
      dan kita bukan setan yang selalu salah..
      mslh vertical,mslh internal dan pribadi..
      so,,,sbelum nyuruh org bnr…
      introspeksi dlu bro…
      diri&jiwa you dah bnr blm??

  44. manusia tampa bimbingan ulama akan hidup sprt binatang,hormati ulama

  45. ayo ayo ayo!! mari kita lawan MUI dengan facebookan sepuasnya…hehe

    tapi jangan lupa ngeblog😀

    • takpenting said

      jgn gitu donk..kan MUI gak jadi mengeluarkan fatwa haram. two thumbs up buat MUI🙂
      ngeblog jalan jalan terus

  46. baninawawi said

    ya beginilah dunia ini, dah digariskan dalam Al-Qur’an kalo setiap yang ada di dunia ini pasti berpasangan, ada kebaikan ya tentu ada keburukan. khusus tuk FB pasti ya ada baiknya dan ada keburukannya tergantung yang memakainya. BTW kalo masalah jerumus-menjerumus ke sex bebas tergantuk otak pemakainya, bukan hanya FB, kalo mang otaknya otak mesum apapun bisa jadi sarana. saya memahami pemikiran MUI, tapi yang penting tuk pengguna FB jangan terpancing. OK!

  47. dvast99 said

    Artikel yang bagus.
    Koq Jubir pesantren tau ada kejorokan di FaceBook, Saya sendiri menggunakan FaceBook sopan-sopan saja, bahkan merasa beruntung karna bisa menemukan beberapa saudara yang sudah lama menghilang. Apa dia kali pelakunya..
    Kalo yang bikin haram karna melupakan waktu, itu wajar, tapi bukan FaceBook, melainkan Internetnya.

    Salam Kenal

  48. […] of the TOP MUI Keluarkan Fatwa Haram Facebook?Situs Termahal IndonesiaPesepakbola Top Keturunan IndonesiaPesepakbola Muslim di EropaMencoba […]

  49. sky29 said

    Fatwa haram FACEBOOK?? padahal fb sangat berguna buatku krn bisa ketemu sama teman – teman dan keluarga yang jauh juga hitung-hitung melepas rindu dengan biaya yang murah hehehe dari pada mudik dompet ga kuat^_^

  50. Idoens said

    Wah makin banyak ni comment ta,..
    haha…

    ayo2 yang mau tukeran link…..

  51. Wong Bodho said

    Kita yg berkomentar tidak lebih tahu dari yg menggagas fatwa. Mari kita semua ber-istighfar… Setidaknya bersyukurlah beliau2 telah memikirkan aqidah kita. Terlepas dari apakah kita menggunakan media FB atau tidak, esensi yg ingin sy sampaikan adalah : masih ada org yg peduli thd masa depan akhirat kita, bersyukurelah. Hati2 tehd sekatapun comment anda, karna tak satupun perbuatan yg tidak dimintai pertanggung jawabannya …

  52. Paimin said

    BUBARKAN MUI !!!! MAJELIS UTUSAN IBLIS …. dari dulu hanya meresahkan Umat ISLAM !!! … Emang situ Nabi maen putuskan haram ato halal !!! Jangan Ngaku ULAMA klo OTAK kalian masih DANGKAL !!!

    • takpenting said

      MUI gak jadi ngeluarin fatwa haram bro..jangan menjelek-jelekkan MUI ky gitu donk..

    • abdi said

      eh raja iblis..yang dangkal tuh sampean kata siapa cuma Nabi yang mutusin hukum..ngaji dulu lu baru maen berpendapat
      ..ulama ngeharamin dunia maya lebih cocok buat lu karena dah mengeluarkan statemen yang g beralasan…….

    • inasty said

      Pantaslah ada wacana mengharamkam, kalau cara berfikir dan mengutarakan pendapat seperti lu.

    • inasty said

      Salut utk abang!
      Apapun komentar, saran dan kritik tentunya masukan bagi Ulama Negeri ini.Itu masih wacana… Kalau benaran gimana lg…?
      FB hanya alat,selebihnya Nawaitu.

      Bebas tp Santun

  53. candra said

    MUI gak beneeeeeeeer………..

    mank pa salah facebook??????

    yang salah tu MUI.

    mendingan MUI tu ngurusi PSK-PSK yang berkeliaran di jalan biar INDONESIA aman dari HIV/AIDS.

    dari pada nyampuri kesenengan orang lain z….

  54. roy said

    aku stuju banget,klw mui jgn sembarangan kluaran fatwa, tanpa dalil, itu bs merugikan orang lain. dan saya rasa fb sampe saat ini blum ada dampak yg ditimbulkan. Iya kan?

  55. engeldvh said

    JIah……
    MUI udah kurang kerjaan kayaknya, wkwkwkwkw
    http://engeldvh.wordpress.com

  56. elvy said

    lebih baik ngurusin ibadah…..yach…..

  57. Namuusatta said

    TEMPO Interaktif, Banjarmasin: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan Profesor H Asywadie Syukur Lc, berpendapat facebook, kekaring sosial di dunia maya) bisa haram dan tidak. Mantan Rektor Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin itu berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mengenai facebook.

    Blakangan sarana komunikasi ini ramai dibicaraan banyak kalangan di Indonesia. Salah satunya di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. “Kami tidak bisa memfatwakan facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya,” kata alumnus Universitas Al Azhar Kairo Mesir, Ahad (24/5).

    Guru Besar IAIN Antasari tersebut mengingatkan, tuntutan agama Islam yang antara lain menyatakan segala sesuatu tergantung atau bermula dari niat orang yang bersangkutan. Sebagai contoh, pemanfaatan facebook dalam rangka berkomunikasi guna menggali atau tukar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat, maka hal itu tidak bisa dibilang haram.

    Tapi, apabila pemanfaatan facebook untuk berkomunikasi dalam hal-hal yang terlarang, baik secara hukum positif di Indonesia maupun menurut norma-norma Islam, maka penggunaan sarana tersebut bisa dikategorikan haram.

    “Hal tersebut sama saja dengan kita memakai sepeda motor. Kalau tujuan baik dan benar, maka tak ada larangan menggunakannya. Sebaliknya bila untuk tujuan negatif atau dimanfaatkan dalam kejahatan, hukum Islam pun tak membolehkan,” tuturnya.

    “Saya pribadi melihat kedudukan facebook itu haram atau tidak, maka akan dilihat dari segi manfaat dan mudarat. Kalau manfaatnya lebih besar untuk mebajikan atau kemaslahatan umat, maka pemanfaatan facebook bagi kaum muslim boleh-boleh saja. Jika negatif, maka itu haram,” demikian Asywadie Syukur.

    • takpenting said

      wah panjang jg nih, makasih tambahannya🙂

    • engeldvh said

      Tetap aja Facebook nggak bisa disalahkan kalo disalahgunakan untuk hal2 negatif. Analoginya, kalo pisau dipake buat membunuh…apakah pisaunya haram?? I Don’t think so!! Lalu yang diharamkan spa, ORANGNYAKAH??? kita nggak bisa juga tuh menuduh orangnya yang salah, soale MANUSIA itu ciptaan Allah yang paling sempurna. Nah, yang patut diharamkan adalah PERBUATANNYA!!! Dan semua orang tahu hal itu, ga usah pake keluari fatwa2 segala….. sia-sia bos. Wasalam……
      http://engeldvh.wordpress.com

  58. Usenk said

    Duh ko repot..

  59. Wah bull shit tuh, kalo gitu, sekalian aja haramin telpon, soalnya temen saya pada suka ngomong sembarangan di telpon, haramin juga mobil, soalnya banyak orang naek mobil ke tempat2x maksiat, haramin juga duit, soalnya banyak orang make duit buat belanja narkoba, haramin bernafas sebab karena orang bisa bernafas jadi hidup dan hidupnya hanya di gunakan untuk keburukan

    capee dehhh

    btw, bagi yang ingin punya domain sendiri di web nya, dan gratis pula, coba cek artikel ini

  60. Lya said

    siiippp…
    kadang kala MUI begitu gegabah dalam mengeluarkan pendapatnya, karena fatwa itu tak lebih dari sekedar pendapat yang belum jelas status hukumnya…jadi pendapat MUI tidak berdampa apa apa bagi bangsa ini, karena dalam praktiknya MUI sendiri mengeluarkan pendapat2 itu tanpa memberi solusi buat bangsa ini.

  61. Anonim said

    Mending MUI, brantas aja acara tontonan di tv yg seronok..yg telanjang telanjang, para artis yg bergaya setan…dari pada ngurusin facebook..capek dehhhhhh

  62. hattazaen said

    kalo sampe difatwakan haram,ya keterlaluan! sekalian aja penggunaan internet diharamkan. ingat kita bisa menemukan teman teman kita yang sudah lama loose contac di fesbuk, dan menyambung silaturrahmi itukan pahalanya gedhe. masa fesbuk jadi haram. haram apa harum, ayo……….!!

  63. Facebook Haram atau Halal?…

    Dilema Facebook di tengah status halal-haram
    JAKARTA – Ijtima 700 ulama Jawa Timur soal fatwa haram situs jejaring sosial, Facebook, dimentahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. MUI menilai, tidak ada alasan mendasar untuk dikeluarkan fatwa …

  64. panca euuy said

    ikutan komentar :
    Sebaiknya kita ber-tabayun, cek dan recek terhadap sebuah berita jangan suuzon ambil hikmahnya saja
    Allah Ta’ala berfirman,

    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

    “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa menge-tahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (Al-Hujurat: 6).

    Sebuah perumpamaan Islami telah memperingatkan kita agar jangan menjadi seperti “hathibul lail” (pencari kayu bakar di kege-lapan malam), yang tidak bisa membedakan antara kayu dengan yang lainnya, apa saja yang dia dapat dia ambil, apa saja yang dia pegang dia sangka kayu bakar, bahkan ular sekalipun dianggap sebagai kayu bakar yang ketika dia memegangnya justru menggi-gitnya dengan bisanya.

    facebook tidak haram tapi jika digunakan untuk hal-2 yang haram, maka ia akan menjadi haram. wasalam

    • takpenting said

      trima kasih tambahannya🙂

    • engeldvh said

      Tetap aja Facebook nggak bisa disalahkan kalo disalahgunakan untuk hal2 negatif. Analoginya, kalo pisau dipake buat membunuh…apakah pisaunya haram?? I Don’t think so!! Lalu yang diharamkan spa, ORANGNYAKAH??? kita nggak bisa juga tuh menuduh orangnya yang salah, soale MANUSIA itu ciptaan Allah yang paling sempurna. Nah, yang patut diharamkan adalah PERBUATANNYA!!! Dan semua orang tahu hal itu, ga usah pake keluari fatwa2 segala….. sia-sia bos. Wasalam……
      http://engeldvh.wordpress.com

  65. S. Daud said

    Iseng banget sih MUI….
    dasar aja MUI nya gaptek..
    facebook kan jadi ajang silaturahmi. dakwah di facebook aja bisa kok..

  66. Bukan Seorang Poligami said

    Facebook = Haram
    Kawinin banyak wanita karena nafsu haram ngak (bukan nyindir seorang tokoh yang ngawinin janda lebih cantik dari istrinya ya)?

    Peace

  67. trianugrah said

    go…….goo………

    ^_^

  68. abdi said

    lu semua ngaji dulu….jangan memandang ulama sebelah mata tanpa ada frame ilmu yang cukup..karena mereka terus berjuang membentengi umat dengan segala tenaga dan pikirannya…sedangkan kita lebih kepada kepentingan pragmatis semata…mestinya syukuran ulama masih peduli sama kita…jangan salah terhadap sebuah hukum, jangan melihat dari satu arah..toh ulama juga tidak mengharamkan secara mutlak lihat qorinah (kaitan) dulu dong…hanya ulama tidak mengatakan saja bahwa FB itu bisa jadi wajib apabila bisa menimbulkan kemaslahatan yang berkaitan dengan amar ma’ruf nahyi munkar….silahkan pakai pikiran jernih dalam memahami tindak tanduk orang-orang ‘alim yang selalu menjaga kehormatan para penduduk negeri ini….

  69. dewabagus said

    Kwk kwk kwk

  70. mandor said

    sebagai pendatang baru di FB, sy merasa senang sekali banyak yg telah sy pelajari dsini… untuk yg sisi negatifnya memang ada tp itu sy rasa kembali kepada si pemakainya… mungkin tlong dipertimbangkan kembali keputusannya…

  71. koq bisa ,facebook haram ?
    malahan di facebook ane dapet temen banyak…?

  72. kangdim said

    ah aya-aya wae akang ini…! Mungkin yang dimaksud Peace Book, atau fish box…

  73. Wahyudi said

    Semua perbuatan itu tergantung niatnya lah….

  74. Wahyudi said

    Semua perbuatan tergantung niat…

  75. Semua tergantung dari penggunanya, HP saja ada yang tuk lihat gambar vulgar, apa nanti diharamkan? Banyak yang punya HP yang ada gambarnya porno. Kita gak usah munafik. Kalau nanti HP juga diharamkan karna banyak gambar porno, ya kita pake surat lagi.

  76. brandalz said

    guys please..this is how u do things?! haramin skolah ja skalian!ato tempat curhat skalian!forum2 psikologi!kelas2 club bahasa! plis deh rek!biasa ae low!jgn sok suci..malah nggilani..accept the technology wisely..qt adalah apa yg qt perbuat.kalo g suka g usah sign up.beres kan?aneh2 ae..hidup aja di hutan sna..risih gua..

  77. Alfiyan said

    Daripada ngeharamin FB, mendingan ngeharamin Korupsi….
    Kalo FB di haramin, Indonesia kapan majunya??

  78. selingkuhkami said

    Hmm….tapi memang MUI ada benarnya juga sih….meskipun sekali lagi, itu tergantung orangnya juga.
    Jujur aja, kami salah satu yang selingkuhnya bermula dari FB.

  79. Juru bicara Pondok Pesantren Lirboyo Nabil Haroen mengatakan pembahasan facebook dalam forum ini memiliki alasan yang kuat. Interaksi dunia maya ini dinilai menjadi salah satu pemicu hubungan negatif dengan lawan jenis. Sebab semua materi percakapan tersebut nyaris tak terkontrol dan berlangsung bebas. “Beberapa anak muda menggunakannya untuk mojok dan berbicara maksiat,” kata Nabil.

    jika ada mata pedang yang mengarah ke leher kita, siapakah yang salah? pedangnya atau si pemegang pedang?

    MUI Jatim makin hari makin waton sahaja😛

  80. blazekitty said

    mau tahu produk yang seharusnya lebih haram dari facebook, coba di sini http://www.uneg2konsumen.wordpress.com

  81. sari said

    isu ini nanti juga akan hilang sendiri. lagipula MUI sudah mengklarifikasikan bahwa facebook itu gak haram koq. lihat di: http://news.okezone.com/read/2009/05/25/1/222638/mui-banyak-manfaatnya-facebook-halal

    sebelumnya diberitakan bahwa ulama2 di jawa timur mengeluarkan fatwa tentang FB karena dikhawatirkan akan timbulnya hubungan pertemanan yang berlebihan, terutama diantara cewe dan cowo (yg bukan mahromnya). di dalam Islam, sesuatu yang berlebihan tentu tidak bagus, bukan?? apalagi terdapat adab-adab/akhlak pergaulan diantara lawan jenis di dalam Islam yang telah diatur bagi umat Islam.

    jadi, ya tergantung usernya saja menggunakan facebook untuk apa dan bagaimana. saya juga ada akun FB koq, alhamdulillah bisa dakwah dan menambah nerworking. cmiiiw

  82. fajar said

    Hai MUI jangan kamu mengharamkan yang Allah tidak mengharamkannnya. jangan asal nyeblak deh. kayanya kalian buta teknelogi. Kenapa yang diharamkan facebook, bukannya gambar porno. sama orang yang pacaran ko ga diharakan sich. kan di islam ga boleh pacaran. ko mjadi halal sama kalian.
    Berkaca dulu dari perbuatan kalian ngerasa bener ga. Facebook bukan untuk selingkuh tapi untuk cari kawan yang banyak. dalam islam malah boleh cari kawan. tapi kalian mengharamkannya, apa bukannya kalian para MUI yang haram. PSK dimana-mana, pacaran dimana-mana, mabok dimana-mana. kalian seolah-olah melegalkannya. tapi yang diurus bukan masalah Fiqhnya tapi Iman bangsa Indonesia. kalian telah mengharamkan orang yang mau menambah teman, berdosalah kalian MUI yang seenaknya ngomong.

    Fajar Rizky Nugroho
    Mahasiswa UIN SGD Bandung
    Ilmu Komunikasi Jurnalistik
    2008

  83. bEguNdaL said

    yang bisa menentukan HALAL dan HARAM cuma ALLAH SWT bukan MUI!!!!!!!
    apabila MUI mengharamkan berarti MUI merasa mereka adalah TUHAN!!!!!

  84. Fuad said

    yang benar donk..,
    ngaca dulu sebelum ngasih kputusan..
    mana hadits nya FB haram???
    kayanya MUI gbs bikin FB tuch..
    jd mreka ngharamin..
    makanya..
    gaul man…..
    Drunk Like A Man..
    Stay cool…

    @ bEguNdal : SETUJU BANGET

  85. Anonim said

    kalo dasarnya kayak gitu….
    berarti televisi, hp, komputer haram……
    apa kawatir santrinya tdk mau ngaji gara2 FB nan ria…..
    he….

  86. astajim said

    eh bro saran gue ambil jalan tengah aza bro…………..
    law kira kira niat kurang bagus jangan dilanjutin…..kmbali aza ke niat yg baik biar gak harom…hihi…
    peaceee ^_^V

  87. Yang Haram tu Orang-orang Yang ada di MUI!!
    Urusin dulu tu orang2 MUI dah bener2 tau Agama Belum??

  88. Budd said

    hati2 ngeluarin fatwa..
    jangan sampai suatu saat kita nganggap sepele fatwa MUI gara2 MUI selalu ngeluarin fatwa yg sepele juga…
    bagus buat fatwa yg mnyangkut masalah2 yg beratdan urgent…
    please deh..

  89. r3dc0de said

    sekalian haramin internet aja mbah yai..
    kan di internet banyak situs pornonya..
    jadi INTERNET HARAM..!!! TITIK..!!!

  90. EFRAN said

    Heh..
    Kalian smua kga pda punya agama yua..

    Hati klian smua tu dh pd buta yh

    Jgn” klian it kga punya agama

    Smbrng aja ngldk orgnsasi islam
    Agma gue tu

    Azab mnanti kalian..

    Gini ni orng” yg bkln ngncrn bangsa ini
    Kga punya otk
    Kuliah pd tinggi” tp pkrn msh dangkal

    Sgla sswtu bs mnjd haram bila it brsft ngtf dn merusak

    Dulu membnh tdk d’hrmkn
    Tp stlh dmpk’y trlht mka Allah mnghrmkn’y

    Sekali lg gue tekankn
    Jgn” skli” mnghna agama tw orgnssi islm

    Krn it agama gue..!!

  91. sendit said

    pikirannya terlalu sempit…yang make buat hal2 negatif kan cuma oknum2 tertentu..dan itu sedikit..masih banyak yang make buat hal2 positif….ati2 mbah2 di MUI….=)

    http://sendit.wordpress.com

  92. aku bukan Tuhan said

    SANGAT SETUJU…
    lo kira lo sapa hah?
    sok tw haram pa gk..

    blg ja takut situs muxlim.com tersaingi

  93. elexyoben said

    MUI nyata-nyata di TV mengatakan berita ini tidak benar

    FREEDOWNLOAD YANG BEJAD-BEJAD DISINI

  94. wongmetro said

    sebenernya tinggal tergantung “niat makhluknya” ketika join di facebook, kecuali ada member yg ‘nyleneh’ gunain fb … ya itu yg perlu dibina lagi keimanannya … berarti disitulah bagian MUI punya tanggung jawab memperbaiki moral yang rusak bukannya ngurusin yg ga ada kaitannya …

  95. Setiap hal yang dikaji ulama itu tidak sesederhana yang diduga orang. Ada alasan-alasan tertentu yang menjadi bahan pertimbangan.Begitupula kajian tentang facebook.
    Jadi jangan remehkan sesuatu yang dikaji para ulama. Bahwa akhirnya facebook diperbolehkan, tentu setelah melalui kajian mendalam.
    Semoga facebook memang benar-benar membawa manfaat untuk kita semua.

  96. Ntong Baek said

    keseringan buka fesbuk nyang PARNO, ehh… ketauan ame nyang soleh… nah ini die. Diharamkan dahhh. Kecian deh luwwww

  97. Rusax said

    Kan nggak bisa NGENTOT di fesbuk, yahh nggak haram dong.

  98. arrheeva said

    saya setuju bro… harusnya lebih ke kajian kenapa orang-orang menyalahgunakan facebook… Harusnya bukan facebooknya yang diharamkan, tapi penggunaan facebook yang salah yang diharamkan.. itu balik kepada nilai-nilai agama pada orang-orang yang menggunakannya. Apakah mereka telah mengamalkan ajaran-ajaran agamanya ? http://arrheeva.wordpress.com

  99. Mr X said

    gmna indonesia bs maju,terlalu bnyak aturan……….

  100. pandoe said

    He..he… MUI lagi-lagi ngga ada kerjaan. Menuding Facebook haram koq dijadikan alat untuk membuat MUI menjadi figur fenomenal. Hai orang-orang yang menamakan MUI, Anda sebaiknya urusi saja persoalan manusia dengan Allah,swt. Ini adalah kesekian kalinya MUI membuat fatwa yang membuat banyak orang geli. (sebelumnya “merokok haram” bagi anak2, ibu2 hamil, di rumah sakit…. dst). Sekarang “FACEBOOK” jika sajikan gambar porno, iklan narkoba, dipakai selingkuh, dll. Lalu “YM” jika ngobrolnya sampai ngga inget anak istri untuk dihidupi. Lalu…lalu…dan seterusnya.

  101. Orang Indonesia said

    saya anjurkan MUI seIndonesia ngeluarin fatwa lebih edukatif, ditelusuri dulu asal muasal, proses terjadinya dan akibatnya dengan melakukan polling, probability dan statistika melalui sampel ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.
    fatwa dikeluarin harus pake otak, jangan cuma pake dengkul!!!

  102. adhi5758 said

    Biarlah yang tahu mengenai agama ngurusin agama, yang tau teknologi ngurusin teknologi, yang nggak tau apa-apa jadi sok tau..hehehehehe

    Tapi menurut saya, Agama, Kebaikan, Kebenaran ada di dalam hati setiap orang, gak perlu disuruh, di fatwain, dimacem2in, agama adalah mengenai hubungan manusia dengan Tuhan. Facebook adalah mengenai hubungan manusia dengan manusia, Gak perlu bawa2 nama Tuhan dalam hal ini.
    Sering kita bertanya kenapa Tuhan murka kepada kita dan menjatuhkan bencana kepada kita?
    Satu jawaban yang pasti adalah karena kita mudah menyuruh orang dengan mengatasnamakan Tuhan, Melarang atas nama Tuhan, Merusak Atas nama Tuhan, Membenci Atas nama Tuhan, Bahkan menghakimi orang lain atasnama Tuhan, Tuhan Menjadi Sesuatu yang sepele, sesuatu yang mudah dibawa-bawa, sebagai pembenaran atas segala sesuatu yang terjadi, Tuhan sudah tidak lagi berharga di mata kita, apalagi hukum-hukum agama begitu mudahnya dipelintir untuk kepentingan manusia. Karena orang tanpa sadar bertindak, berlaku, dan berpikir melebihi Tuhan. Tapi sekali lagi MANUSIA TIDAK SADAR. mau lihat contohnya? silahkan baca komentar yang ada dari atas sampai ke komentar ini…lihatlah betapa TIDAK SADARNYA MANUSIA…..(BTW mungkin sekarang Tuhan sedang sedih melihat kelakuan kita…).

    http://indonesianseafarers.wordpress.com
    info lowongan kerja…

  103. azerila said

    makin banyak aja yang haram haram… *buka fb dulu ah.. [ngaciir]*

  104. fath_rain said

    gw jG stju jika facebook dharamkan,bcoz i think dengan adanya situs facebook ini Qt bisa berkomunikasi dgn siapa sja dan mnurut sgw komunikasi twrmasuk silaturahmi,bukankah itu termasuk ibadah….. kcuali jika facebook itu disalahgunakan utk zina’so dsni tergantung gmn qt mggunakannya’

  105. fath_rain said

    gw jG gak stju jika facebook dharamkan,bcoz i think dengan adanya situs facebook ini Qt bisa berkomunikasi dgn siapa sja dan mnurut sgw komunikasi twrmasuk silaturahmi,bukankah itu termasuk ibadah….. kcuali jika facebook itu disalahgunakan utk zina’so dsni tergantung gmn qt mggunakannya’

  106. k4l14 said

    yup gue setuju banget , cause di Alquran kagak ada tu kalau FaceBook diharamkan , bravo FaceBook dech , ;/’

  107. ak47tya said

    what the hell. . . . mui udah kehilangan karisma lagi. . . . .gak ada yang dikerjain. . . . para pengurus MUI jadi buat fatwa seenaknya. . . . .NOt GOOD

  108. fath_rain said

    yang blang haram tu gak nyadar apa,mereka jg blum tentu suci,so,jgn sok ngatur dech……toh dosa masing-maasing jg kan………sekarang kan zaman demokrasi bo,,,,

  109. aurell said

    khabisan bahan ya……….masa’ situs komunikasi se keren fb dharamkan jg,harusnya tempat-tempat mesum tu dibasmi!

  110. heru said

    Dah gilak tuh
    kok nggak smua situs jejaring sosial di haramkan
    mungkin MUI nggak bisa makek FAcebook kali ya
    bikin malu aja
    mo kmana negara ini klo rakyatnya GAptek?
    sampe2 masalah gini aja ada fatwanya

    saya stuju klo fatwanya ttg pengharaman penggunaaan materi2 ato foto2 vulgar di dunia maya

    lha ini kok malah Facebook

    haramin tuh situs2 bokep

    ato para anggota MUI nggak bs pake internet ya?

    Duh….kasian

  111. aurell said

    gak gaul tu MUI…..HAHAHAHAAH………………………………CRAZY

  112. IREN said

    gak gaul tu MUI…..HAHAHAHAAH………………………………CRAZY

  113. Muhammad Hajral said

    aduuuhhhh…apa lagi ini…haram lagi…haram lagi….oh dunia…kiamat aj udah…?

  114. bebi bala bala said

    setau gw,, facebook tidak mengandung babi kan yaa.. hehhehe

  115. soliedagency said

    dulu aja Patih Gajah Mada nyatuin Nusantara selain pake’ sumpah PALAPA dia jg pake Facebook, ko’ sekarang diharamin sich,,,,,,,,,,,,

    ato contoh yg laen sampe’ bisa keluarnya aq kedunia karena nenek and kakek dulu ketemunya difacebook lhooooo
    makanya aq ini menjalankan warisan facebook kakek-nenek alias menjalankan amanah. masak dosa pak MUI?

  116. Celak Jaran said

    Aduh…

    MUI,MUI…
    Ada” ja ulah kalian…

    Buat je Fatwa anti teroris, anti fanatisme, anti kekerasan ato yg laen yg lebih bermanfaat…

    FB katany diharamin…
    Blg ja klo gbs make FB makany diharamin…

    Kok MUI tu kyk Tuhan ja ngatur” hidup manusia…

  117. Anonim said

    menurut saya tergantung masing2 orang apakah tujuan nya baik atau buruk……
    kalau tujuannya baik misalnya menjalin hubungan silaturahmi itu tdk apa2……
    lain tujuannya, kalau tujuannya yang negatif….. itu baru tidak boleh,……..

  118. sa_ed said

    menurut saya tergantung masing2 orang apakah tujuan nya baik atau buruk……
    kalau tujuannya baik misalnya menjalin hubungan silaturahmi itu tdk apa2……
    lain tujuannya, kalau tujuannya yang negatif….. itu baru tidak boleh,……..

  119. Assalammu’alaikum

    Terkhusus buat mas yang punya blog ini, sadarkah Anda tulisan ini sangat-sangat telah menjatuhkan MUI. Walaupun Anda telah beralasan bahwa tulisan itu udah Anda kasih tanda tanya, saya yakin 90 % orang yang membaca tulisan ini tidak menghiraukan tanda itu, dan mereka langsung berpikir MUI telah mengeluarkan fatwa itu. Bahkan ada yang berkomentar dengan kata-kata yang sangat tidak bermoral seperi pada komentar 52.

    Astaghfirullaladziiim, kalau mas sadar tolong hapus saja tulisan ini, toh kejelasan kan sudah ada di postingan mas selanjutnya, atau kalau berat karena memang yang ngasih komentar banyak minimal judul tulisannya yang diganti

    Makasih perhatiannya,
    Waalahu ‘alam bi showab

    Wassalammu’alaikum

    • takpenting said

      walaikumsalam,
      terimakasih kritikannya. Judul udah saya ganti. sekali lagi terima kasih🙂

    • engeldvh said

      Ga perlu dihapus sih…postingan ini kan cuma sebagai info saja🙂
      Lagian MUI semakin aneh aja sih, dimana2 kalo segala sesuatu itu ada plus minusnya dan kalo digunakan sebagai alat buat kejahatan pasti DOSA = HARAM!! Semua orang tau itu kok…ga usah pake Fatwa-fatwa segala deh… keep it simple brooo…🙂
      http://engeldvh.wordpress.com

  120. febriandra said

    sok suci mah….emg dia bisa nentuin suatu benda atau barang tersebut haram…??
    kn hanya TUHAN yg bisa menentukan..
    apa lagi di dalam AYAT SUCI AL-QURAN umat islam tidak ada bahwa facebook tsb haram…

  121. ratu intan said

    Ass
    Menurutku hal tersebut nggak usah terlalu dipeributkan. Mungkin ada baikknya, kita percayakan pada policy yang ada di facebook itu sendiri. Untuk kata2 yang nggak berkenan. Asal kita nggak buka dan tahu itu nggak bener kenapa harus diikutin. Yang harus kita perhatikan adalah bagaimana kita membentengi diri untuk melakukan sesuatu yang lebih berguna lewat facebook(karena pembahasannya facebook). Mau nikah, tapi nggak punya cukup dana. Bisa invite lewat facebook. See, masih banyak cara untuk memanfaatkan fasilitas dengan cara yang bijak sehingga kita juga bisa ambil hal positifnya

  122. faza said

    Aduh… saya musti komen gmn neh? soale saya pribadi tidak melihat ada yang salah ma fb, semua tetep tergantung pada para penggunanya. terus terang saja saya cukup miris dgn kondisi MUI sekarang. saya rasa khusus fb ini cukup himbauan aja. Saya harap MUI belajar dari fatwa haramnya rokok, dimana saya masih menjumpai orang-orang merokok (yang saya yakin dia muslim). Kalo orang islam nya aja sudah tidak patuh, bagaimana wibawa MUI di mata organisasi agama lain. sukron buat yang blog

  123. Anonim said

    semua diharamkan kapan negara kita bisa maju seperti negara yang lain ?

  124. nn said

    SEMUA DIHARAMKAN, KORUPSI TIDAK DIHARAMKAN, KAPAN NEGARA KITA MAU MAJU ?

  125. swastika87 said

    yup,
    semuanya tergantung kepada orangnya
    seperti babi
    kalu kita tau babi itu haram, ya jgn dimakan

  126. sapuan69 said

    islam itu fleksibel. tidak memberatkan umatnya.. kalo dikit2 diharamkan gimana? yg jelas tergantung orang yg menggunakan saja.
    kalo untuk hal – ya dosanya dia yg nanggungkan… kalo untuk hal + alhamdulillah. karena memang teknologi ini diciptakan untuk hal2 yg positif.

  127. aku said

    aagagagagaga…fb di haramkan…….gila ya lembaga(tiiiiit”sensor”)……itu….
    bilang aja gak bisa intrnetan…dilarang ama bini2nya…agagaga…babaiiii…..(pergi meninggalkan orang orang pihak M*I)

  128. makrus said

    Saya cukup prihatin banyak umat muslim yang sudah tidak perduli dengan fatwa-fatwa ulama.
    MUI pasti punya (alasan) kenapa para ulama mengeluarkan fatwa toh untuk melindungi umat islam supaya tidak tergelincir dalam jebakan iblis yang sudah dibungkus sedemikian rupa supaya samar akibatnya kita terpecah dan bercerai berai…sadarlah wahai umat muslim…KITA SUDAH TERPEDAYA..

  129. aku bukan Tuhan said

    WAHAI ORANG2 INDONESIA TERMASUK MUI…

    KALIAN SADAR GK SIH????????

    COBA BACA KOMEN NO. 102 !!!
    PENTING…

    klo gini trus, kadang saya mrasa m’nyesal
    jd org indonesia…

  130. tongtingna said

    ya gitu deh lagi kurang kerjaan kalee

  131. pedang agama said

    HARAMMMMMMMMMMMMMMMMMMMM???????????????

    DASAR GAPTEK!!!!

    SAYA BERHARAP TIAP ANGGOTA MUI
    PUNYA FACEBOOK..

  132. pedang agama said

    SATU LAGI BUKTI BAHWA MUI TIDAK PERNAH MENGKAJI SESUATU SEDALAM-DALAM NYA,SE YAKIN-YAKINNYA,SE HATI-HATINYA….

    SEBELUM BERFATWA

    LAMA2 UMAT NDAK PERCAYA AMA KALIAN!!

  133. handoko said

    keguoblokan MUI aja sebenarnya, dia melarang, tapi dia juga yang melanggar, untuk membenarkan dirinya sendiri dia mencari dalil-dalil dalam Al-Qur’an, mereka tidak memahami hukum dualitas Alam Semesta ini…karena itu baik dan buruk itu pasti ada, dan apa yang kita lakukan…dan mempunyai resiko sendiri…

  134. Anonim said

    itu yg ngomong haram kayanya gaptek pisan kali ya org nya.. padahal sebelum facebook booming, udah banyak tuh media2 yg dipake bwat esek esek mah. jangan-jangan ada udang di bolak balik ya, mateng deh… hehe..

  135. rid-one said

    setuju sekali aq. dewasa dikit dunkz, jgn langsung maen haram aja…
    jgn dlihat jlekx ja…

  136. setuju.. dengan adanya facebook ini kita dapat silaturahmi dengan teman kita atau saudara kita yang jauh,
    tpi gmna yang makenya juga…

  137. sito said

    waduch………..sadis amat…….. ne aj q ru msuk ke fcbook kok mlah jd gtu….. parah……….

  138. aresdinasty said

    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …
    gimana klo MUI yang diharamkan …

    setuju …!!!

  139. Kalo diliat dari sumbernya (Internet, FB, HP) datang dari eropa/ Amrik alias barang2 Yahudi … kira2 haram nggak kita pake?

  140. Nama said

    kykny ud keliatan, siapa yg membuat negara ngk maju.
    begini2 ni kalo ‘urusan pribadi’ (gaptek) bawa2 agama buat bilang haram.
    Malu am diri sendiri, bawa2 agama demi kepentingan pribadi, kacau ni.

  141. klu menurut saya… hal ini tidak perlu diperdebatkan… kalau memang FB itu haram… seharusnya MUI jngn tnggal diam,, laporkan ke dinas TEKHNOLOGI INTERNET.. atau semacamlah,,, kalau ada respon,, tutup aja situs jaringan internet ini… jadi kita gak perlu,,, komen sana, komen sini… kita selesaikan semuanya dengan cara yg baik2..

    salam kenal dari saya,, ( Joe win I zha )…Magician pengembara…
    Assalamualaikum. Wr,Wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: