takpenting

coretan Takpenting

Awali dengan Niat

Posted by takpenting pada Juni 5, 2016

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima setelah syahadat, sholat, zakat, dan puasa. Setiap muslim wajib menunaikan ibadah haji, jika mampu secara materi maupun fisik. Haji dilaksanakan pada setiap bulan Zulhijjah, inilah yang membedakannya dengan ibadah umroh yang dapat dilaksanakan kapan pun. Negara Indonesia adalah penyumbang jamaah haji terbesar di dunia, tidak mengherankan karena populasi muslim di Indonesia termasuk yang terbesar di dunia.

Agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar, Arab Saudi selaku ‘tuan rumah’ dari tahun ke tahun selalu menerapkan kuota jamaah haji dari tiap negara. Hal ini dimaksudkan untuk membatasi jumlah jamaah haji yang datang ke negara tersebut pada musim haji agar tidak terjadi kepadatan yang terlalu tinggi, dengan tujuan agar ibadah para jamaah haji tidak terganggu, serta aman, dan nyaman.

Dengan penerapan kuota jamaah haji yang terbatas serta animo masyarakat Indonesia untuk berhaji yang cukup tinggi tersebut, ngga heran antrian daftar tunggu keberangkatan haji di Indonesia cukup tinggi, hingga bisa mencapai belasan tahun. Untuk itu diperlukan beberapa persiapan sejak dini, salah satunya mendaftar haji.

Apalah artinya niat untuk berhaji, jika niat tersebut tidak disertai dengan perbuatan untuk mewujudkannya. Nggak cukup di dalam hati saja. Memang biaya haji reguler cukup lumayan tinggi, untuk mensiasatinya dengan cara menabung. Ya! Kapan lagi kalau ngga nabung dari sekarang. Dengan usia saya yang udah 20-an, memang agak telat sih, tapi better late than never kan? Hehe..

Yang penting udah ada niat, dan ada usaha untuk mewujudkannya..Insya Allah kalo udah ada waktunya bakalan dipanggil ke tanah suci, Aamiin..Lebih bagus lagi emang nabung sejak anak-anak sih, karena seperti yang udah saya katakan tadi, ibadah haji ini diperlukan persipan materi dan fisik. Dengan usia yang udah mulai menua, kondisi fisik/badan yang tidak sebagus saat muda dulu, bisa jadi akan menjadi kendala dalam berhaji kelak (mudah-mudahan tetap sehat ya), apalagi ibadah haji ini memang ngandelin fisik.

Ngebayangin saat umroh dulu aja (Cuma sekitar 10 hari) lumayan capek, apalagi haji yang sekitar sebulan lebih (untuk ONH reguler). Sejak dari awal keberangkatan ,perjalanan dari Indonesia menuju Jeddah (Arab Saudi) menempuh waktu yang ngga sebentar, sekitar 8 jam! Capek loh 8 jam di pesawat, walaupun ngga ngapa-ngapain (makan-tidur-makan-tidur-makan) ya minimal kesemutan, hehe…sesampainya di Jeddah kemudian melanjutkan perjalanan ke Mekkah atau Madinah dengan menggunakan bus selama beberapa jam. Aktivitas selama di kota suci Mekkah ataupun Madinah antara lain ziarah ke tempat-tempat suci dan berziarah. Memperbanyak amalan sunnah. Tiap hari minimal 5 kali ke mesjid untuk melaksanakan sholat fardhu berjamaah. Bolak-balik hotel/penginapan ke mesjid cukup lumayan menguras fisik juga, apalagi dapet peniginapan yang lokasinya cukup jauh. Belum lagi adaptasi cuaca disana, kadang dingin banget, kadang terik, panas banget. Hmmm.. memang butuh kondisi fisik yang prima yah. Belum lagi jalan-jalan buat nyari oleh-oleh, Upss.. :p

Nah untuk menjawab kebutuhan masyarakat kita yang pengen berangkat haji ini, BRI Syariah punya program menarik nih, yaitu Tabungan Haji BRI Syariah iB,( hehe..promosi dikit gakpapa ya, karna kebetulan saya udah jadi nasabah di bank ini sejak tahun lalu). Berbagai kemudahan misalnya, setoran awal yang ringan, gratis biaya admin, dapet bagi hasil (kalo di bank konvensional disebut bunga, tapi sesuai prinsip syariah), gratis asuransi jiwa&kesehatan, dll. Dan yang lebih menarik lagi, para orangtua bisa bikinin rekening untuk anak-anak mereka loh, Menabung sejak kecil! Penting untuk mengajarkan anak-anak untuk menabung.

Kalo yang tertarik coba cek aja, hari gini mah tinggal googling aja atau ke bank nya langsung ya🙂

Yok, nabung, biar bisa naik haji🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: