takpenting

coretan Takpenting

Archive for the ‘kesehatan’ Category

Uban

Posted by takpenting pada Mei 6, 2009

dikutip dari kompas.com – Uban merupakan salah satu persoalan yang sering kita hadapi. Jika usia kita sudah menjelang 40 tahun (atau lebih), keberadaan uban tentu tidak perlu dipermasalahkan. Menurut L’Oréal, hampir separuh wanita berusia lebih dari 40 tahun tak lagi berusaha melawan gejala penuaan ini. Rambut beruban menjadi semacam pernyataan kepercayaan diri, bahwa wanita bangga dengan kecantikan alaminya.

Yang menjadi masalah bila uban sudah mulai muncul di usia 20-an, atau bahkan kurang. Uban prematur seperti ini biasanya disebabkan penyakit seperti flu yang kronis, sinusitis, serta kekurangan vitamin B, zat besi, tembaga, dan yodium dalam diet kita. Uban menunjukkan kekurangan pada tubuh, karena kualitas rambut tergantung pada kesehatan secara keseluruhan. Polusi udara, panas, suhu yang lembab, mempengaruhi kualitas rambut. Ketegangan, kegelisahan, kesedihan, frustrasi, atau stres, juga membahayakan kesehatan rambut. Sedangkan perawatan yang salah terhadap rambut, seperti keramas dengan air panas, mengeringkan rambut dengan hair dryer, juga merupakan faktor lainnya yang tak boleh dilupakan.

Namun bagi umumnya wanita, munculnya 2-3 uban pada kepala lebih dianggap mengurangi keindahan. Bila tak siap, pemiliknya juga akan terus berusaha menyangkal dirinya dengan mencabut, memotong, atau mencat rambutnya sehingga uban tak lagi mengintip di sela-sela hitamnya rambut. Namun tindakan mencat rambut ini hanya dilakukan oleh orang yang ubannya sudah hampir merata. Kalau cuma 5 lembar, untuk apa rambut dicat? Nah, pertanyaannya sekarang, amankah tindakan mencabut atau memotong uban?

Menurut http://www.skin-disease.org, jika Anda mencabut uban, akan tumbuh 10 uban baru atau lebih. Yang perlu Anda lakukan adalah memotong uban di dekat akarnya dengan gunting kecil. Jika uban rontok saat disisir, Anda tak perlu mengkhawatirkan terjadinya infeksi. Jika rontok, artinya uban sudah terlalu lemah sehingga tidak mampu bertahan di kulit kepala. Bandingkan dengan bila Anda mencabut uban; akan terlihat akarnya yang masih kuat sehingga uban pun berontak saat Anda ingin mencabutnya.

Silakan berkomentar!

Iklan

Posted in kesehatan | Leave a Comment »

Diet Praktis dengan Tertawa

Posted by takpenting pada Maret 12, 2009

Beberapa orang yang punya kelebihan berat badan atau sering disebut obesitas, sering banget sekuat tenaga ngurangin berat badan. Berbagai cara mulai dari olahraga, sedot lemak, minum obat-obatan atau bahkan sampe pergi ke dukun, ^^
Nah, untuk anda yang mau diet gak usah susah-susah setengah mati deh. Ada cara yang lebih mudah, praktis, murah, dan tanpa dipungut biaya sepeser pun!
Gimana caranya?
Gampang! Banyak-banyak tertawa aja deh mulai sekarang. Udah banyak peneliti yang mengungkapkan kalo tertawa bisa bikin badan agak kurusan. Tertawa selama 1 jam bisa membakar 100 hingga 120 kalori karena menggunakan energi 20 persen.
Hal ini sama dengan saat seseorang berjalan sekitar 15-20 menit atau angkat beban sekitar 18-27 menit. Kalo diakumulasikan, dalam sebulan badan kamu bisa berkurang 1-2 kilogram! Wow, lumayan kan!?
Kenapa tertawa bisa bikin kurus?
Karena saat kamu tertawa, kamu akan menghirup banyak udara dan oksigen, dada kamu mengembang dan otot-otot perut berkontraksi. Nah, hal ini yang bisa membakar kalori.
Semoga bermanfaat.
Silahkan berkomentar!

Posted in kesehatan | Dengan kaitkata: , , , | 2 Comments »

Madu : Obat 1001 Penyakit

Posted by takpenting pada Maret 9, 2009

Madu? Udah tau kan cairan kental yang satu ini? Tau kan tau donk? Minuman yang dihasilkan oleh lebah dari sari-sari bunga/nektar ini bermanfaat banget loh. Udah ada penelitian ilmiahnya dan juga disebutkan dalam Al Quran!
Berbagai penyakit mulai dari batuk, flu, sariawan, demam, panas dalem juga bisa loh. Dan masih banyak lagi. Selain itu madu juga bisa bikin kulit kita jadi halus dan mengatasi bibir kering. Nyembuhin luka pun Insya Allah juga bisa. Madu bisa bikin daya tahan tubuh meningkat dan menambah stamina. Di dalam madu terdapat banyak nutrisi. Di dalam madu juga bisa sebagai antibiotik alami. Dan masih banyak lagi manfaat madu.
Nah, cara menggunakannya bermacam-macam. Berikut cara-caranya:
1. Bisa langsung diminum gitu aja.
2. Dicampurkan dengan air hangat. Cara ini untuk penderita flu, batuk dan panas dalam.
3. Dioleskan. Cara ini misalnya untuk menyembuhkan luka dan juga untuk bibir kering. Juga bisa dicampurkan ke dalam lulur.
4. Dan lain-lain ^^
Sumber dari Al-Quran:
dalam Al-Quran pun madu disebutkan di beberapa ayat. Antara lain di surah Muhammad ayat 15 , surah An Nahl ayat 69, dan mungkin masih ada lagi.
Dalam surah An Nahl ayat 69 dituliskan yaitu “kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”
Dalam hadits juga ada loh..Riwayatkan oleh Imam Al Hakim dalam kitab Al Mustadrak dan Ibnu Majah dalam kitab As Sunan dari Ibnu Mas’ud:
“bagi kamu ada 2 obat, yaitu madu dan Al Quran”.
Beuh, udah jelas banget kan kalo madu itu bermanfaat banget, sampe-sampe di Al Quran dan haditsnya pun ada. Untuk itu ayo kita minum madu, hehe..^^. Minimal satu sendok per hari deh.
Silahkan berkomentar atau mungkin tambahan lain.

Posted in kesehatan | Dengan kaitkata: , , , | 1 Comment »